logoSibia

#Berita

Seminar Bersama Prof. Misri Ghozan untuk Guru Ibnu Abbas

by Ibnu Abbas on

Salah satu visi Kuttab Ibnu Abbas adalah mencetak generasi yang Hafizh Al-Qur’an, mahir bahasa arab, melek akan teknologi dan sains. Guna menyamakan persepsi para guru akan hal tersebut maka Kuttab Ibnu Abbas BSD mengundang Prof. Misri Ghozan untuk mengisi seminar tentang Sains dan Al-Qur’an. Beliau adalah guru besar Teknik Kimia Universitas Idonesia (UI) lulusan S3 TU Dresden, Jerman. Sisi lain dari Profesor ini adalah beliau juga sosok yang aktif di bidang dakwah. Acara ini diadakan pada hari Jum’at, 12 November 2021 di gedung Ibnu Abbas 1.
Dalam hal ini beliau menyampakian bahwa anak-anak calon generasi penerus bangsa harus paham dengan ilmu agama, selanjutnya generasi bangsa ini juga harus paham tentang teknologi dan sains. Beliau menjelaskan bahwa ilmu tauhid dapat mengontrol ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik, sehingga jika ilmu teknologi dipegang oleh orang yang bertauhid lurus maka ilmu tersebut akan terarah ke jalan yang benar.
Beliau memberikan contoh bangsa barat yang maju dalam teknologi tetapi tidak diikat oleh ilmu agama, maka bisa jadi akan rusak. Lalu beilau menjelaskan bahwa banyak para ulama kaum muslimin pada zaman dahulu yang juga merupakan ilmuwan sains. Salah satunya adalah Ibnu Sina, ulama Islam kenamaan yang ahli di bidang kedokteran. Bahkan beberapa penemuan yang dilakukan Ibnu Sina masih sering digunakan oleh kedokteran sampai saat ini, salah satunya adalah bentuk pisau bedah yang dipakai Ibnu Sina sama dengan pisau bedah yang digunakan dokter ahli bedah di zaman sekarang. Itulah contoh kemajuan Islam di zaman dahulu yang dipaparkan oleh Prof. Misri, dam kemajuan tersebut harus dibangkitkan lagi di masa sekarang.
Menurut Prof. Misri anak-anak di usia dini harus digembleng dengan pendidikan Al-Qur’an dan ilmu agama. Lalu sedikit demi sedikit diajarkan ke mereka tentang ilmu pengetahuan teknologi. Lalu minat dan bakat anak harus dilihat, jika memang ia lebih condong ke ilmu agama maka harus disiapkan untuk menjadi ulama di masa depan. Dan jika seorang anak lebih condong ke dunia teknologi maka harus diarahkan ke bidang tersebut, dan ia sudah mempunyai bekal ilmu agama yang baik. Apa yang beliau sampaikan ini sangat sesuai dengan Visi dan Misi Kuttab Ibnu Abbas yang telah dituangkan oleh para pendirinya sejak awal.
Semoga cita-cita Ibnu Abbas dalam rangka mencetak generasi beriman, dan ahli sains dapat tercapai dengan bai katas izin Allah.
Fauzi Rusman

Ibnu Abbas

Sed non nibh iaculis, posuere diam vitae, consectetur neque. Integer velit ligula, semper sed nisl in, cursus commodo elit. Pellentesque sit amet mi luctus ligula euismod lobortis ultricies et nibh.