logoSibia

#Berita

Seleksi Penerimaan Calon Murid Baru Kuttab Ibnu Abbas BSD

by Ibnu Abbas on

BSD (28/11) Setelah membuka pendaftaran peserta didik baru untuk gelombang pertama, Kuttab Ibnu Abbas melakukan tes seleksi penerimaan calon murid. Tes peneriman dilaksanakan pada hari Sabtu 28 November 2021 di gedung Ibnu Abbas II.
Calon murid dan wali murid diwajibkan hadir pada acara ini, dikarenakan tes tidak hanya diberlakukan bagi calon murid, akan tetapi beserta walinya. Ada 2 kriteria tes yang diberikan kepada calon siswa, yaitu tes Al-Qur’an dan juga tes kemandirian. Tujuan dari tes Al-Qur’an adalah untuk mengetahui kemampuan anak dalam membaca AL-Qur’an, sedangkan tes kemandirian bertujuan untuk mengetahui apakah anak sudah menjadi mumayiz (mempunyai nalar atau bisa membedakan mana baik dan mana buruk).
Tahap awal tes seleksi adalah calon siswa masuk ke ruangan ujian kemandirian, dan dalam hal kemandirian ada 2 jenis ujian yang diberikan kepada calon murid. Pertama, tes tulis berisi kompetensi dasar baca, tulis, berhitung, dan kreativitas. Kedua, tes berisi wawancara mengenai data diri anak, aktivitas individu maupun kelompok yang dilakukan anak di rumah.
Tahap kedua calon wali murid masuk ke ruangan tanda tangan, untuk menyetujui beberapa perjanjian dengan sekolah, baik bersifat administratif sekolah maupun dalam hal kesepakatan bersama antara wali murid dengan sekolah untuk membantu proses pendidikan anak. Di antara isi kesepakatan bersama adalah beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan oleh anak dan orang tua di rumah karena dianggap akan mengganggu atau menghambat proses menghafal Al-Qur’an, juga memberikan dampak negatif pada akhlaq anak. Adapun kesepakatan lain adalah beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua dan anak guna membantu keberhasilan pendidikan.
Selanjutnya dalam tahap ketiga calon wali murid diberikan breafing tentang tata cara pengajaran buku Karimah (salah satu metode belajar baca Al-Qur’an). Ke depannya murid akan diajarkan oleh guru di sekolah tentang cara membaca Al-Qur’an yang baik, lalu di rumah orang tua akan membimbing putra-putrinya untuk mengulang kembali tilawah yang diajarkan guru di sekolah, sehingga saat di rumah sang anak tidak lepas dari bimbingan orang tuanya ketika membaca maupun menghafal Al-Qur’an.
Dalam tahap terakhir calon murid beserta walinya masuk dalam ruang ujian Karimah. Orang tua akan dites bagaimana ia mampu membimbing putra-putrinya dalam belajar buku Karimah. Kemudian calon murid juga akan diuji oleh tim PPDB (penerimaan peserta didik baru) tentang bacaan huruf hijaiyyah, kecepatan dalam menghafal ayat, dan kemampuan anak dalam menirukan bunyi lafal ayat yang diucapkan oleh tim penguji.
Pengumuman nama-nama siswa yang diterima akan diumumkan maksimal 1 pekan pasca tes seleksi, setelah dilakukan rapat bersama tim panitia PPDB Kuttab. Dan pendaftaran gelombang ke-2 akan dibuka setelah pengumuman penerimaan selama kuota masih ada.
Fauzi Rusman

Ibnu Abbas

Sed non nibh iaculis, posuere diam vitae, consectetur neque. Integer velit ligula, semper sed nisl in, cursus commodo elit. Pellentesque sit amet mi luctus ligula euismod lobortis ultricies et nibh.