logoSibia

#Berita

Market Day

by Ibnu Abbas on

Acara market day diadakan karena untuk praktik pelajaran MPU, membahas materi "Nilai Mata uang". Para siswa praktik langsung penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari contoh seperti belanja.
Tujuan diadakannya marketday adalah agar anak-anak paham tentang transaksi jual beli yang masih ada kaitannya dengan matematika. Tentang pengurangan, penjumlahan, dan perkalian. Dan mengenal nilai uang itu sendiri sesuai dengan materi yang dimaksudkan.
Kegiatannya diadakan di Abbasy Mart, untuk kelas 3 Kuttab Ibnu Abbas, halaqah Umar dan Abu Bakr. Dilaksanakan pada kamis (24/3), di jam pelajaran ke 3 dan 4 pada pukul 9.45 - 11.40.
Kegiatan ini dibimbing oleh Bu Lala, selaku guru kelas MPU Halaqoh Umar dan Abu Bakr, juga oleh ustadz Nafis selaku wali kelas.
Dalam kegiatan tersebut siswa diberikan kertas latihan untuk mencatat apa saja yang akan mereka tulis dan kerjakan dalam kegiatan tersebut. Sebelumnya ada pengarahan dan briefing dari guru mata pelajaran saat hendak menuju tempat kegiatan.
Pada latihan 1 para siswa mencari barang-barang yang sudah tertulis dikertas latihan yang didapatkan oleh masing-masing siswa, lalu mereka mencatat setiap harganya, kemudian menghitungnya.
Lalu pada latihan 2 para siswa belajar berbelanja dengan budget Rp. 20.000,- harus mendapatkan 5 jenis barang yang berbeda dan tidak boleh lebih dari nominal uang yang disebutkan, tetapi boleh kurang dari nominal tersebut. Di latihan ke 2 ini siswa harus benar-benar teliti dalam memilih barang agar apa yang mereka beli bisa pas atau tidak melebihi budget yang sudah ditentukan.
Alhamdulillah semua siswa bisa menyelesaikan tugas dengan baik dan mereka juga pandai dalam hal menghitung apa yang mereka beli. Barang yang mereka beli juga sesuai dengan syarat yang ditentukan, yaitu 5 jenis barang.
Reporter: Fauzi Rusman
Sumber: Arifatul Laela

Ibnu Abbas

Sed non nibh iaculis, posuere diam vitae, consectetur neque. Integer velit ligula, semper sed nisl in, cursus commodo elit. Pellentesque sit amet mi luctus ligula euismod lobortis ultricies et nibh.