logoSibia

#Artikel

Hari Bahasa Arab Sedunia

by Ibnu Abbas on

“ Arabic Language Day” atau Hari Bahasa Arab Sedunia diperingati pada hari setiap tanggal 18 Desember, peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia memiliki tujuan utama, yakni untuk meningkatkan kesadaran akan sejarah, budaya, dan perkembangan bahasa dengan menyiapkan program kegiatan dan acara khusus.
Penetapan tanggal 18 Desember sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia dicetuskan oleh UNESCO pada 18 Desember 1973. Kemudian, bahasa Arab menjadi bahasa resmi PBB yang ke-6 bersama 5 bahasa lainnya, yakni Inggris, Tionghoa, Prancis, Rusia, dan Spanyol.
Bahasa Arab adalah salah satu bahasa di dunia yang paling banyak dipakai dan digunakan oleh lebih dari 400 juta orang setiap hari
Tema dari Peringatan Bahasa Arab Sedunia tahun ini adalah “Bahasa Arab dan Komunikasi Peradaban”. Tema tersebut merupakan sebuah panggilan untuk menegaskan bahwa adanya bahasa Arab memiliki peran penting yakni sebagai penghubung manusia dalam kebangkitan budaya, ilmu pengetahuan, sastra dan bidang lainnya.
Dalam suatu kesempatan Prof Dr. Ali Jum’ah berkata: Bahasa merupakan bagian dari pemikiran, semakin bahasanya benar maka akan semakin benar pemikiranya. Karenanya, perhatian kita kepada bahasa memiliki dampak signifikan dalam lurusnya pemikiran dan cara berfikir yang benar.
(Anas el-Khoiry)

Ibnu Abbas

Sed non nibh iaculis, posuere diam vitae, consectetur neque. Integer velit ligula, semper sed nisl in, cursus commodo elit. Pellentesque sit amet mi luctus ligula euismod lobortis ultricies et nibh.